Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan Berkomitmen Membangun Kampus Moderat yang Berbasis Moderasi Beragama

Padangsidimpuan 23/03/2024. Dalam sebuah pernyataan resmi, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syahada Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, dengan tegas menyatakan komitmennya untuk membangun kampus yang moderat dan inklusif melalui pendekatan moderasi beragama. Hal ini disampaikan oleh rektor dalam sambuatan membukan acara Workshop Pengembangan Ekosistem Kampus Berbasis Moderasi Beragama, yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 21 hingga 22 Maret 2024 di Gedung Aula Pendidikan Terpadu 21 Maret 2024

Dalam konteks ini, Rektor menegaskan bahwa UIN Syahada Padangsidimpuan tidak hanya bertujuan untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul secara akademik, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan praktek moderasi beragama. “Komitmen kami adalah untuk membangun kampus yang tidak hanya menghasilkan lulusan yang berkualitas, tetapi juga individu yang dapat menjalani kehidupan beragama dengan penuh kedamaian dan toleransi,” ujar Rektor.

Beliau juga menegaskan bahwa langkah konkret yang diambil oleh UIN Syahada Padangsidimpuan termasuk pengembangan kurikulum yang memasukkan materi tentang moderasi beragama pada setiap mata kuliah, penyelenggaraan seminar dan lokakarya tentang dialog antaragama, serta penguatan kerjasama dengan lembaga-lembaga non-pemerintah yang memiliki fokus serupa.

Pernyataan ini muncul sebagai tanggapan atas semakin meningkatnya tantangan radikalisme dan intoleransi di kalangan mahasiswa di berbagai kampus. Dengan menempatkan moderasi beragama sebagai landasan utama, UIN Syahada Padangsidimpuan bertekad untuk memberikan kontribusi positif dalam mencegah dan mengatasi fenomena tersebut.

Menanggapi pernyataan Rektor tersebubt, Prof. Dr. Darwis Harahap, M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam sesi penutupan kegiatan workshop selama dua hari tersebut, menyatakan dukungannya penuh.

“Langkah-langkah ini adalah refleksi dari tekad kami untuk menjadikan kampus ini sebagai tempat yang aman dan inklusif bagi semua kalangan, di mana toleransi dan keragaman senantiasa dijunjung tinggi,” ungkap Prof. Darwis Harahap.

Dengan komitmen yang semakin diperkuat dari pimpinan universitas, diharapkan UIN Syahada Padangsidimpuan akan menjadi teladan inspiratif dalam mempromosikan moderasi beragama dan toleransi, bukan hanya di kalangan kampus, tetapi juga dalam masyarakat luas.

Related Posts