Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah 2024

A. Pendahuluan

Dengan hormat, sehubungan dengan Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun 2024 dengan ini disampaikan kepada seluruh Mahasiswa Baru Angkatan 2024 Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan tentang pendaftaran Program Beasiswa KIP Kuliah Tahun 2024 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 6548 Tahun 2023 tentang Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2024.

Note: Pendaftaran untuk semua jalur PMB yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SNBT – UTBK, SMMPTN-BARAT dan UM – LOKAL

B. Persyaratan

  1. Surat Permohonan (format terlampir);
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy KIP (Kartu Indonesia Pintar) untuk PIP (Program Indonesia Pintar)/ KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) untuk PKH (Program Keluarga Harapan)i KJP (Kartu Jakarta Pintar) sebanyak 1 (satu) lembar;
  4. Pas foto berwama ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
  5. Fotocopy rapor semester 1 (satu) s.d 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Madrasah Sekolah sebanyak 1 (satu) rangkap;
  6. Fotokopi ijazah beserta transkip nilai yang dilegalisir oleh Kepala Madrasah/Sekolah (jika ljazah belum terbit, maka sementara bisa melampirkan asli Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal) sebanyak 1 (satu) rangkap;
  7. Menunjukkan prestasi (karya) yang telah dicapai di SLTA dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan lainnya;
  8. Fotokopi Rekening Listrik bulan Juli 2024 (apabila tersedia aliran listrik) daniatau bukti pembayaran PBS (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali sebanyak 1 (satu) lembar;
  9. Khusus Mahasiswa yang tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar untuk PIP Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH Kartu Jakarta Pintar melampirkan Surat Pernyataan Penghasilan orangtua yang ditanda tangani oleh Kepala Desai Lurah bermaterai 10.000 (format terlampir);
  10. Menandatangani Pakta lntegritas bermaterai 10.000 (format terlampir);
  11. Khusus Mahasiswa Difabel yang mengalami cacat bawaani akibat kecelakaan dan dapat mengikuti studi secara baik dengan melampirkan Surat Keterangan dari Pimpinan Sekolah asal;
  12. Surat pernyataan kebenaran berkas bermaterai 10.000 (format terlampir).
  13. Potocopy Kartu Keluarga sebanyak satu lembar;
  14. Foto rumah orangtua Mahasiswa calon penerima KIP kuliah dari 5 (lima) sisi: (depan, samping kiri, samping kanan, bagian dapur rumah dan bagian dalam rumah) yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah; (dileges oleh kepala desa)
  15. Seluruh berkas dimasukkan dalam Map tulang plastik warna putih transparan;
  16. Pendaftar wajib mengisi Google Form yang disediakan pada link

C. Waktu Pendaftaran Beasiswa

Sosialisasi Persyaratan/ Pengumuman29 Agustus sd. 1 September 2024
Waktu Pendaftaran02 – 17 September 2024
Seleksi Berkas18 – 20 September 2024
Pengumuman Hasil Seleksi Berkas23 September 2024
Wawancara25 – 27 September 2024
Pengumuman Lulus Penerima Beasiswa KIP03 Oktober 2024

D. Penyerahan Berkas Pendaftaran

Berkas pendaftaran disusun sesuai dengan urutan yang tertera pada dalam pengumuman atau dalam website ini, dan dimasukkan dalam Map Tulang Plastik Warna Putih Transparan. Berkas diantar langsung ke kantor Kemahasiswaan Biro AUAK setiap hari pada jam kerja, Senin sd. Kamis pukul 08.00 s.d 16.30 WIB, khusus untuk hari Jum’at pukul 08.00 s.d 17.00 WIB;

D. Format Surat Permohonan, Fakta Integritas, Surat Pernyataan Penghasilan Orangtua dan Surat Kebenaran Berkas

Untuk format surat-surat terlampir dapat didownload berikut ini:

Download : Surat Permohonan
Download : Surat Pernyataan Penghasilan orangtua
Download : Pakta lntegritas
Download : Surat Pernyataan Kebenaran Berkas

E. Layanan & Kontak Person

  1. 0821-6097-2743 (Ridno Gunawan)
  2. 0822-7432-9583 (Marhamah)

F. Referensi