UIN Syahada Padangsidimpuan presentasikan progress report Badan Layanan Umum di Kementerian Agama Republik Indonesia

Tim Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Badan Layanan Umum Wilayah Sumatera yang diselenggarakan oleh Biro Keuangan dan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari yaitu tanggal 23 s.d 26 November 2023 di Wisma PIH Batam Kementerian Agama. Kegiatan ini bertema Digitalisasi Teknologi dalam Perkembangan Bisnis dan Sumber Daya Manusia (SDM)

Rapat Koodinasi ini diikuti oleh 11 (sebelas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) wilayah Sumatera yang sudah menerapkan PK-BLU, yaitu UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, UIN Sumatera Utara, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sultan Thaha Jambi, UIN Raden Intan Lampung, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Ar-Raniry Banca Aceh, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Fatmawati Bengkulu, UIN Sjech Djamil Djambek Bukittinggi dan UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Hadir mewakili Tim BLU UIN Syahada Padangsidimpuan adalah Dr. Anhar, MA selaku Wakil  Rektor Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan dan sekaligus sebagai Pejabat Keuangan BLU, Dr. Erawadi, M.Ag, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan sekaligus Pejabat Teknis dan Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama sekaligus Pejabat Teknis.

Rapat Koordinasi ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Bapak Prof. Dr. Nizar, M.Ag. Dalam sambutan dan pemaparan materinya beliau menyampaikan pesan agar PTKIN yang sudah menerapkan pengelolaan keuangan BLU senantiasa berpijak pada tiga prinsip dasar BLU yaitu peningkatan layanan, fleksibilitas dan kesejahteraan. Selain itu, Beliau juga menekankan pentingnya pengelolaan BLU yang berbasis digitalisasi. Narasumber lain dalam Rapat Koordinasi ini adalah Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI, Pejabat Kemenkeu, Ketua Tim Fungsi Perbendaharaan dan PA Kemenag RI.     

Sejak ditetapkannya UIN Syahada Padangsidimpuan menjadi Satker BLU oleh Menteri Keuangan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 307 Tahun 2023 tanggal 27 Agustus 2023, UIN Syahada Padangsidimpuan telah mengambil beberapa langkah strategis dan progres. Di antara langkah dan progress tersebut adalah 1). Beauty Contest Bank pada tanggal 18 September 2023 dan sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 746 Tahun 2023,  2). Pengangkatan Pejabat BLU UIN Syahada Padangsidimpuan melalui KMA Nomor 879 Tahun 2023, 3). Penunjukan Dewan Pengawas UIN Syahada Padangsidimpuan melalui Surat Penunjukan Menteri Agama Nomor B-390/MA/KP.07.6/09/2023 Tanggal 26 September 2023; 4). Persetujuan Rekening BLU; 5). Persetujuan Revisi Migrasi Kegiatan yang akan dibayar pada Satker BLU; 6). Persetujuan Cut Off Anggaran PNBP  pada 16  Oktober 2023;7). Penetapan Kepala dan Sekretaris Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 3054/Un.28/A/B/KP.07.6/10/2023 dan No. 3055/Un.28/A/B/KP.07.6/10/2023; 8). Persetujuan SPM-PP (SPM Pengembalian Penerimaan PNBP Fungsional) pada 10 Nopember 2023: dan 9). Pengajuan UP BLU pertama oleh Bendahara Pengeluaran UIN Syahada Padangsidimpuan pada 13 November 2023.

Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI yang sekaligus sebagai Dewan Pengawas BLU UIN Syahada Padangsidimpuan, Bapak Subarja, dan Ketua Tim Fungsi Perbendaharaan dan PA Kemenag RI Bapak Agusli Ilyas mengapresiasi progres dan langkah-langkah yang telah ditempuh oleh UIN Syahada Padangsidimpuan. Dalam arahannya, mereka menyampaikan agar BLU disosialisasikan kepada seluruh sivitas akademika guna memperoleh pemahaman dan persepsi yang sama mengenai BLU. Selain itu, langkah-langkah strategis lain harus segera dilakukan seperti pengesahan tarif oleh Rektor sebelum terbit Tarif Bersama yang dikeluarkan oleh Kemenkeu, membuat RBA, membuat mekanisme pencairan anggaran, mengangkat dan menetapkan Kepala SPI, melakukan optimalisasi aset, memaksimalkan seluruh potensi dan usaha bisnis yang sudah existing seperti asrama, sewa gedung dan bangunan, Syahada Mart, serta menggali dan mengembangkan usaha bisnis baru baik akdemik maupun non akademik seperti food court, klinik kesehatan, sewa kenderaan, air minum dalam kemasan, CAT di laboratorium komputer, Halal Centre, peningkatan kerjasama, Guest House, Sport Centre, e-parking, layanan TOEFL dan TOAFL, UIN Press, jasa tour and travel, Radio, LKBH, layanan miniatur Ka’bah dan lainnya untuk manasik haji, Loundry, Barbershop.

Related Posts