Kategori
Biro Rektorat Mahasiswa

Dihadiri Rektor UIN Syahada Padangsidimpun: PMB PTKIN se-Indonesia Resmi Dirilis Menag dengan Semangat “Start to Be Smart”

Jakarta, 19/01/2024. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2024 se-Indonesia dirilis secara serentak oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta, Jumat (19/1/2024). Acara pembukaan berlangsung di Hotel Yuan Garden Pasar Baru, Jakarta, pada Jumat, 19 Januari 2024. Tema PMB PTKIN tahun ini diusung dengan semangat “Start to Be Smart”.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta agar seluruh PTKIN dapat berkreasi dengan inovatif, dan kreatif dalam menarik minat para calon mahasiswa agar kuliah di kampus PTKIN. “Saya minta PTKIN agar memiliki cara-cara kreatif agar dapat menarik minat para pelajar untuk mendaftar di sini,” kata Menag sebagaimana dimuat di Press Rilis Kemenag.

Dalam kesempatan tersebut, Menag Yaqut juga meminta panitia seleksi PMB PTKIN dan para rektor di setiap PTKIN se-Indonesia yang hadir agar dapat melakukan perbaikan dalam proses seleksi sehingga minat calon mahasiswa untuk kuliah di PTKIN semakin baik lagi. “Saya minta PMB PTKIN menjadi momentum memperbaiki semua hal. Saya yakin kalau kita mau melakukan semua ini, bukan tidak mungkin, kita bisa menyaingi Perguruan Tinggi Negeri lainnya,” jelas Menag.

Selanjutnya Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani menuturkan, program PMB PTKIN tahun ini mengusung tema Start To Be Smart. Ia berharap, dalam pelaksanaan PMB kali ini, seluruh PTKIN dapat bersinergi dan saling mendukung untuk menjaring calon mahasiswa terbaik.

Merespon arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, secara terpisah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag menyampaikan bahwa PMB PTKIN (SPAN UM PTKIN) tahun 2024 akan membentuk tim dalam menyahuti PMB PTKIN 2024 dalam rangka promosi, sosialisasi, dan serta pelayanan PMB yang baik.

Peluncuran PMB PTKIN 2024 ini bertepatan kita sedang melaksanakan Rapat Kerja Penetapan dan Penjadwalan Kegiatan Anggaran Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh kampus kita. Momentum ini menjadi salah satu pembahasan penting dalam rapat kerja tersebut adalah PMB PTKIN ini. Jadi kita telah merencanakan bahwa sosialisasi dan promosi ini dengan sebaik-baiknya. Karena PMB ini menjadi sangat penting bagi kampus UIN Syahada Padangsidimpuan dalam menarik minat calon mahasiswa. Untuk itu, kita akan membentuk tim kreatif untuk promosi untuk menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif. Kebijakan tentunya menyahuti PMB tahun ini yang menjadi prioritas kita.” terang Muhammad Darwis Dasopang.

Lebih lanjut Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan menginformasikan bahwa calon mahasiswa yang mendaftar di PMB PTKIN adalah berasal dari lulusan Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/ Mu’adalahMuallimi/Mua’dalah Salafiyah.

Adapun PMB PTKIN Tahun 2024 ini terbagi menjadi tiga jalur penerimaan PMB PTKIN yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk (UM), dan jalur mandiri.

SPAN PTKIN

SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan seleksi masuk berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. Pendaftaran untuk jalur SPAN PTKIN akan dibuka mulai 22 Januari 2024 dan hasilnya akan diumumkan pada 2 April 2024. Informasi seputar SPAN PTKIN dapat diakses melalui https://span.ptkin.ac.id/

UM PTKIN

Untuk jalur UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan 1 PTN dengan Program Studi keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama RI melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE). UM PTKIN ini rencananya akan dibuka mulai 6 Mei 2024. Informasi terkait UM PTKIN dapat diakses melalui laman: https://um.ptkin.ac.id/.

Jalur Mandiri

Sedangkan jalur ketiga yaitu jalur mandiri, di mana proses seleksi dilakukan di masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Informasi terkait jalur mandiri ini, dapat diakses pada laman resmi masing-masing perguruan tinggi.

Editor: Ratonggi
Reporter: Alexandra Pane
Foto: Sumber Press Rilis Kemenag RI

Oleh Alexandra Pane

Pengelola di Humas dan Informasi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan