Rapat Kerja Hari Pertama: Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan Garis Bawahi Langkah Strategis Peningkatan Kualitas Layanan

Medan, 18/01/2024. Sebagai langkah proaktif dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dan akademik, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan menggelar Rapat Kerja (RAKER) pada tanggal 18-21 Januari 2024, di Medan. Acara pembukaan yang dimulai pukul 20.00 WIB ini menjadi panggung bagi sejumlah keputusan strategis guna memastikan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan berbagai program kegiatan bagi kampus UIN Syahada Padangsidimpuan untuk merumuskan rencana kinerja dan penjadwalan kegiatan anggaran tahun 2024.

Ali Murni, Kepala Biro Urusan Administrasi, Perencanaan, dan Keuangan (UAPK), menyampaikan laporan ketua panitia dalam Seremoni Pembukaan Rapat Kerja Tahun 2024 dilaksanakan selama beberapa hari ke depan sejak 18-21 Januari 2024 di Medan. Beliau menyampaikan laporan yang mengenai rentetan kegiatan Raker tahun 2024. Beliau juga menggarisbawahi pentingnya pelayanan yang efisien dan responsif sebagai fondasi utama dalam mewujudkan visi UIN Syahada Padangsidimpuan ke depan.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, menggarisbawahi sejumlah catatan penting yang menjadi fokus pengembangan universitas. Dr. Dasopang menekankan urgensi peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan administrasi dan akademik kepada mahasiswa dan masyarakat sebagai prioritas utama. Beliau juga memaparkan langkah-langkah konkret, termasuk pembentukan tim penanggungjawab di setiap unit untuk memastikan efektivitas pelaksanaan kegiatan. Sejumlah catatan penting dalam kegiatan pembukaan Raker tersebut adalah:

  1. Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Pelayanan Administrasi dan Akademik
    Rektor menekankan pentingnya meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan administrasi dan akademik kepada mahasiswa, dosen, civitas akademik dan masyarakat.
  2. Peningkatan Pendapatan dari PNBP dan BLU
    Langkah-langkah strategis akan diambil untuk meningkatkan pendapatan yang berasal dari Badan Layanan Umum (BLU), terutama yang diperoleh dari Layanan Pendidikan dan Unit Bisnis.
  3. Analisis Kebutuhan Tata Kelola Kegiatan Anggaran
    Diperlukan analisis mendalam terhadap kebutuhan tata kelola kegiatan anggaran sesuai dengan kebutuhan aktual.
  4. Pembentukan Tim Penanggungjawab
    Rektor mengusulkan pembentukan tim penanggungjawab di setiap unit untuk memastikan efektivitas pelaksanaan kegiatan.
  5. Meningkatkan Promosi Melalui Media Sosial dan Website
    Peningkatan volume kegiatan yang diunggah di media sosial dan website serta strategi promosi lebih luas menjadi fokus untuk memperluas jangkauan ke masyarakat.
  6. Sinkronisasi Fungsi dan Struktur Organisasi
    Perlunya sinkronisasi fungsi dan struktur organisasi dengan regulasi yang berlaku untuk memastikan keteraturan dan efisiensi dalam setiap proses.
  7. Peningkatan Akreditasi Program Studi hingga A
    Upaya akan ditempuh untuk meningkatkan akreditasi program studi hingga mencapai tingkat A, sebagai bentuk komitmen terhadap kualitas pendidikan.
  8. Revisi Kegiatan dan Anggaran
    Perlu adanya revisi terhadap kegiatan dan anggaran untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang dapat meningkatkan kualitas mutu.
  9. Persiapan Kebutuhan Program Studi Baru
    Menyiapkan segala kebutuhan untuk mendirikan program studi baru sesuai dengan Standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor menegaskan komitmen universitas untuk memastikan pengalaman pendidikan yang berkualitas melalui peningkatan akreditasi program studi hingga tingkat A. Revisi kegiatan dan anggaran yang responsif, serta persiapan untuk mendirikan program studi baru, semuanya diarahkan untuk memberikan layanan yang lebih baik dan selaras dengan kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan.

Rapat Kerja ini menjadi puncak awal dari serangkaian tindakan strategis yang diambil untuk mencapai prestasi dan kinerja terbaik dalam pelayanan yang diberikan universitas. Dengan pembentukan tim-tim kerja yang diumumkan dalam rapat, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan menandakan komitmennya dalam memberikan layanan pendidikan dan administrasi yang unggul dan berorientasi layanan prima.

Editor : Ratonggi
Reporter : Alexandra Pane
Photographer : Raja




Related Posts

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.