UIN Syahada Wujudkan Kerjasama Internasional Dengan  Zarqa University

Padangsidimpuan (24/01/2024) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary  Padangsidimpuan terus berkomitmen perkuat dan perluas jaringan internasional. Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) secara serentak dilakukan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia dengan Zarqa University Yordania, Selasa (23/01/24). Penandatanganan MoU ini berlangsung di Auditorium Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang, yang diikuti oleh 54 PTKIN se-Indonesia. Kegiatan MoU ini dihadiri langsung oleh CEO Zarqa University Dr. Mahmoud Abu Sheirah dan Presiden Zarqa University Prof.Dr. Nidal Al Ramahi.

Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, mengucapkan terima kasih kepada Zarqa University atas terlaksananya jalinan kerjasama ini dan sekaligus penandatanganan MoU dengan 54 PTKIN yang lain.

“Ini adalah hal yang sangat luar biasa, pada hari ini untuk pertama kalinya UIN Syahada melakukan MoU secara serentak dengan beberapa PTKIN lain bersama Zarqa University. Lebih lanjut, Rektor mengatakan bahwa ini momentum berharga bagi kita yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat kerja sama internasional, dalam pengembangan lembaga ke depan. Visi UIN Syahada dalam rangka mewujudkan Universitas bertaraf Internasional sudah di depan mata. Hal ini merupakan sebuah kemestian dan tidak bisa ditawar lagi sebab competitive global menjadi fenomena yang terus menghampiri situasi sosial kita . Oleh sebab itu  kesiapan kita untuk bersaing di kancah global terkait pendidikan mesti terus diupayakan waktu demi waktu”, jelas Rektor.

Ada beberapa point penting yang menjadi titik fokus dari program kerjasama ini, seperti: Pertukaran Mahasiswa (Exchange of Students), Lokakarya Bersama dan Program Pelatihan (Joint Workshop and Training Programs), Proyek Penelitian dan Pengembangan Bersama      (Joint Research and Development Projects), Program Pendidikan Bersama (Joint Education Programs), Pertukaran Staf (Exchange of Staff), Pertukaran Publikasi (Excange of Publication), Kerjasama di Bidang lain (Coorperation in other Areas).

Setelah terwujudnya kerjasama internasional pada hari ini tentu akan membawa pengaruh terhadap adanya peningkatan kualitas pendidikan dengan adopsi inovasi dan praktik terbaik dari mitra internasional, memberikan mahasiswa kesempatan untuk terlibat dalam pengalaman belajar yang beragam dan relevan secara global. Rektor berambisi melihat dosen dan peneliti dari institusinya bekerja sama dalam proyek-proyek riset yang signifikan, memberikan kontribusi nyata terhadap pemecahan masalah global, dan meningkatkan reputasi institusi di tingkat internasional. Dengan terbentuknya jaringan profesional dan akademis yang kuat pelaksana akademisnya akan terus berkembang dan menjadi pemimpin dalam bidang masing-masing, sementara mahasiswa akan menjadi warga global yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Disisi lain rektor melihat perguruan tingginya tidak hanya mencetak lulusan berkualitas tinggi, tetapi juga berperan aktif dalam memajukan ilmu pengetahuan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat global.

Related Posts

1 Response
  1. Mengetahui wawasan tentang hubungan internasional sangatlah baik, karena kita jadi tahu hal-hal dari suatu negara. Selain itu, saya juga senang menulis, sehingga memadukan tema hubungan internasional dan menulis akan menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.