Kategori
Biro Rektorat Moderasi Beragama

UIN Syahada Padangsidimpuan Gelar Seminar Ilmiah Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama

Padangsidimpuan, 4/12/2023 – Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan menggelar seminar ilmiah sosialisasi penguatan moderasi beragama. Kegiatan yang digelar pada Rabu, 2 Desember 2023 di Auditorium Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan tersebut dihadiri oleh 600 orang mahasiswa-mahasiswi, Walikota Padangsidimpuan, Forkopimda, Danyon, dan seluruh pejabat struktural di Lingkungan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UIN Syahada Padangsidimpuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang adil, seimbang, dan toleran, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kebangsaan, dan keadaban.

Narasumber seminar tersebut adalah Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Prof. Drs. KH Yudian Wahyudi, MA, Ph.D. Dalam materinya, Prof. Yudian memaparkan pentingnya moderasi beragama di Indonesia. Menurutnya, Pancasila dan agama adalah hal yang tidak bisa dipisahkan di bumi Pancasila.

“Pancasila adalah ideologi negara yang bersumber dari nilai-nilai agama, termasuk agama Islam. Oleh karena itu, moderasi beragama merupakan bagian dari pelaksanaan Pancasila,” kata Prof. Yudian.

Lebih lanjut, Prof. Yudian juga mengenalkan salam persatuan kebangsaan yaitu salam Pancasila dengan mengangkat tangan kanan lurus ke atas sejajar dengan kepala sedikit lebih diangkat. Salam ini merupakan simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang beragam suku, agama, ras, dan bahasa.

Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan pentingnya moderasi beragama dalam kerangka kebangsaan ini. Ia mengajak kepada para mahasiswa dan hadiri agar lebih banyak menggali ilmu dengan menyimak penjelasan dari narasumber.

“Moderasi beragama merupakan kunci untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk ini. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh mahasiswa dan hadiri untuk lebih banyak belajar tentang moderasi beragama,” kata Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag

Tak hanya dihadiri oleh para mahasiswa, namun juga melibatkan kehadiran Walikota Padangsidimpuan, Forkopimda, Danyon, dan pejabat struktural UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, memberikan kejelasan tentang tingginya antusiasme dan dukungan terhadap upaya penguatan moderasi beragama di lingkungan ini.

Seminar ini tidak hanya menjadi forum akademis, tetapi juga simbol kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah lokal, dan elemen penting masyarakat untuk mewujudkan toleransi, kerukunan, serta kebersamaan dalam kehidupan beragama di tengah-tengah masyarakat yang beragam.

Oleh Alexandra Pane

Pengelola di Humas dan Informasi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan