Rapat Kerja Akademik UIN Syahada Padangsidimpuan Bahas Optimalisasi Pelayanan Akademik

Medan, 10/09/2023 – UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan menggelar Rapat Kerja Akademik yang berlangsung dari 8 hingga 10 September 2023 di UPT Asrama Haji Emberkasi Medan. Rapat ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari Ketua Program Studi, Dekan-Dekan Fakultas, Kepala UPT, dan Ketua Lembaga di UIN Syahada Padangsidimpuan. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mempercepat dan mengoptimalisasi pelayanan akademik dalam konteks Badan Layanan Umum (BLU). Peningkatan sistem dan perbaikan pelayanan administrasi dan akademik kemahasiswaan menjadi fokus utama dalam rapat kerja ini. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai evaluasi berbagai bentuk pelayanan akademik kemahasiswaan yang ada di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Dalam rapat yang berlangsung selama tiga hari tersebut, para pimpinan rapat dengan seksama mendengarkan, mencatat, dan mengevaluasi berbagai permasalahan yang muncul dalam pelayanan akademik. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis mendalam terhadap permasalahan-permasalahan tersebut, pembentukan kebijakan yang tepat, serta mencari solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Kabag Biro AUPK, Ratonggi, M.A selaku ketua panitia mengatakan, “Rapat Kerja Akademik ini adalah momentum yang penting bagi UIN Syahada Padangsidimpuan untuk memastikan bahwa pelayanan akademik kepada mahasiswa kita dapat terus meningkat. Kami berkomitmen untuk mencari solusi terbaik dan menerapkan perbaikan yang diperlukan demi memberikan pengalaman akademik yang lebih baik kepada mahasiswa terutama dalam rangka menghadapi status BLU ke depan.” terangnya.

Kegiatan Rapat Kerja Akademik ini menjadi langkah strategis dalam rangka menghadirkan pelayanan akademik yang lebih baik dan efisien, sehingga mahasiswa dapat meraih keunggulan akademik dengan lebih baik lagi di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Rapat Kerja Akademik UIN Syahada Padangsidimpuan yang diselenggarakan tersebut merupakan sebuah acara penting dalam konteks pengembangan dan perbaikan pelayanan akademik di UIN Syahada Padangsidimpuan. Berikut beberapa ringkasan pelaksanaan dari rapat tersebut yang dirangkum secara ringkas adalah:

  • Maksud kegiatan: Tujuan utama dari rapat kerja ini adalah untuk meningkatkan pelayanan akademik di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Peningkatan ini difokuskan dalam konteks Badan Layanan Umum (BLU), yang menunjukkan bahwa universitas ingin mencapai standar pelayanan yang baik, efisien, akuntabel dan transparansi. Hal ini mencakup perbaikan dalam sistem administrasi dan pelayanan akademik untuk mahasiswa, siakad, munaqasyah, ijazah, dan berbagai pembaharuan sistem tata pelayanan pada berbagai aspek.
  • Evaluasi Pelayanan Akademik: Salah satu fokus utama rapat adalah melakukan evaluasi terhadap berbagai bentuk pelayanan akademik yang sudah ada di kampus UIN Syahada Padangsidimpuan. Ini melibatkan identifikasi permasalahan-permasalahan yang mungkin ada dalam pelayanan tersebut. Dalam proses ini, para peserta rapat secara aktif memberikan masukan secara langsung, mendengarkan masukan dari berbagai pelayanan kemahasiswaan di tingkat program studi, hingga tingkat biro akademik. Beberapa isu-isu penting yang dievaluasi adalah berbagai masalah dalam pelayanan Siakad, fitur siakad, pengelolaan sumber daya manusia, pembayaran UKT, penjadwalan KRS, sidang munaqasyah, dan masa studi mahasiswa.
  • Problem Solving: Rapat ini juga memberikan kesempatan bagi para pemimpin universitas untuk melakukan problem solving. Ini berarti mereka mencari solusi konkret untuk mengatasi permasalahan yang diidentifikasi selama rapat. Dengan demikian, rapat ini tidak hanya sebatas diskusi, tetapi juga tindakan konkret untuk perbaikan. termasuk dalam tata laksana proses sidang munaqasayah, pembayaran UKT, pengisian KRS bagi mahasiswa, serta yang paling penting adalah peningkatan kapasitas sistem Siakad untuk akses mahasiswa.
  • Analisis dan Pembentukan Kebijakan: Setelah mengidentifikasi permasalahan, rapat ini berfokus pada langkah-langkah selanjutnya, yaitu analisis mendalam dan pembentukan kebijakan. Para peserta rapat, perwakilan dari LPM, LPPM, para Wakil Rektor, ketua UPT secara bersama dan bekerja sama untuk menganalisis akar permasalahan yang ada serta merumuskan rencana kebijakan yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah tersebut.
  • Komitmen untuk Peningkatan: hal ini dilaksanakan pada saat penutupan bahwa Peserta rapat dan para unsur pimpinan dengan semangat menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Ini mencerminkan fokus arah tujuan dan kebijakan untuk memberikan pengalaman akademik yang lebih baik kepada mahasiswa.

Dalam rangka mencapai visi dan misi universitas, Rapat Kerja Akademik seperti ini menjadi sarana penting untuk mendiskusikan, menganalisis, dan mengatasi permasalahan dalam pelayanan akademik. Hasil dari rapat ini kemungkinan akan membawa perubahan positif dalam kualitas pendidikan dan pengalaman mahasiswa di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Related Posts

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.