Kategori
Lembaga & UPT Prestasi Uncategories

Raih Sertifikat ISO 9001 UIN Syahada Manajemen Mutu Berstandar Internasional

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan resmi memperoleh  sertifikat International Organization for Standardization (ISO), yaitu  ISO 9001:2015.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Direktur PT. Indo Asia Internasional Solusi, Tirtana Brahnata, SE, MM kepada Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan sekaligus disaksikan  langsung unsur pimpinan lainnya, mulai Wakil-Wakil Rektor, Dekan-Dekan Fakultas, Ketua- Ketua Program Studi di Aula Kampus UIN Syahada , Jum’at (27/10/2023).

ISO 9001:2015 merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas.

Diperolehnya sertifikat ISO 9001:2015 oleh UIN Syahada Padangsidimpuan menandakan bahwa penjaminan mutu atas layanan akademik yang diberikan oleh UIN Syahada Padangsidimpuan sudah di evaluasi dan sesuai standar internasional.

Perolehan Sertifikasi ISO ini sudah gencar dipersiapkan sejak lama dengan melakukan rangkaian Audit Mutu Internal (AMI) dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) oleh LPM UIN Syahada Padangsidimpuan yang memperoleh pendampingan dari PT. Indo Asia Internasional Solusi.

Ketua Unit Lembaga Penjaminan Mutu Dr. Akhiril Pane dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa proses sertifikasi ISO itu dapat terselesaikan  berkat pendampingan dari konsultan Direktur Indo Asia .

Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Tirtana Brachnata selaku Direktur PT Indo Asia Internasional Solusi yang telah melakukan pendampingan mulai dari awal persiapan sampai penyelesaian berbagai tahapan yang sudah dilaksanakan oleh Tim LPM khususnya. Tahapan dari proses persiapan lalu kemudian dilakukan proses  audit oleh lembaga audit eksternal yaitu Audit Ceritification International. Alhamdulillah rekomendasi hasil audit sesuai dengan standar ISO 9001:2015 UIN Syahada Padangsidimpuan telah resmi mendapat rekomendasi ISO dan pada hari ini 27 Oktober 2023 sertifikat itu dapat kita  terima, ini artinya UIN syahada Padangsidimpuan dari segi manajemen mutu sudah bersertifikat Internasional.Ucapan terima kasih kepada Tim Konsultan, para auditor eksternal yang telah melakukan kinerja auditnya secara eksternal”.

“Saya berharap mulai dari tingkat pimpinan sampai kepada Prodi untuk dapat mempertanggungjawabkan sertifikat yang  sangat luar biasa berat tanggungjawabnya ini. Ke depan standar-standar ISO ini mesti dikembangkan dan dilaksanakan. Terima kasih juga kepada Rektor atas dukungannya kepada Tim LPM dalam rangka memproses pelaksanaan ISO ini. Ke depan juga kita akan melakukan standarisasi bidang lain”, jelas Akhiril.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan Dr.H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat hingga terbitnya ISO Manajamemen Mutu UIN Syahada Padangsidimpuan ini.

“Atas nama pimpinan dan lembaga, mewakili seluruh unsur yang terlibat, yang sudah sama-sama bekerja keras, bekerja cerdas, yang dikomandoi oleh Ketua LPM, WR 1, WR 2, dan WR 3. Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya.”

Senada dengan apa yang disampaikan Akhiril Pane, Rektor  juga menegaskan pentingnya menjaga komitmen dan kesinambungan lembaga.

“Jika sesuatu sudah dianggap paling sempurna, tunggu waktunya perlahan biasanya akan muncul sisi lain kekurangan-kekurangannya. Oleh karena itu, kita tidak boleh berleha-leha dengan status atau pencapaian ini, tapi bagaimana kita bisa betul-betul menjaga kesinambungan ini.”

“Kalau kita bicara mutu, berarti kita bicara tentang berbuat yang terbaik, meningkatkan amal yang terbaik. Saya pikir itu hal yang sama-sama kita harus pedomani dan ikhtiarkan,” tegas Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga sampaikan terima kasih kepada PT. PT. Indo Asia Internasional Solusi atas diperolehnya sertifikat yang selama ini telah diupayakan dan menjadi salah satu target UIN Syahada Padangsidimpuan.

“Mudah mudahan kita tetap semangat dan tidak lengah untuk berjuang dalam meningkatkan mutu,” Ucap Rektor.

Untuk memantapkan kualitas mutu pendidikan tinggi di UIN Syahada Padangsidimpuan, acara penyerahan sertifikat ISO ini dilanjutkan dengan Sosialisasi tentang Konsep Bio Teknologi Peternakan oleh PT Indo Asia Internasional dengan narasumber Dr. Ir. Sudjatmogo, M.Sc dan diikuti oleh unsur pimpinan yang berasal dari Biro dan Fakultas. Ke depan jangkauan program ini diharapkan menjadi satu ikhtiar yang kontributif bagi kampus UIN Syahada yang berstatus sebagai kampus BLU yang sekaligus berstandar ISO dan salah satu aspek yang dapat meningkatkan sisi ekonomi kampus yang lebih maju dan berdaya saing bukan hanya di tingkat lokal bahkan internasional.