Kategori
Fakultas Informasi Mahasiswa

Meriah, Olimpiade Ekonomi Nasional  Sukses digelar di UIN Syahada

Padangsidimpuan, 9 November 2023 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syahada Padangsidimpuan menjelma menjadi pusat sorotan dalam dunia pendidikan. Pada Kamis, 9 November 2023, Fakultas tersebut berhasil sukses menyelenggarakan Olimpiade Ekonomi Nasional tingkat SLTA, sebuah rangkaian kegiatan tahunan yang menjadi ajang prestisius di dunia pendidikan.

Dalam laporannya, Dr. Darwis Harahap, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, menyampaikan bahwa hari ini dilaksanakan dua acara sekaligus, yaitu lomba Entrepreneurship Day dan Olimpiade Ekonomi Tingkat Nasional antar Siswa. Beliau menyatakan, “Kegiatan Entrepreneurship Day yang disemarakkan pada hari ini dapat kita saksikan melalui penampilan stand-stand yang memamerkan produk karya mahasiswa. Tim penilai khusus akan menilai stand-stand tersebut, termasuk aspek pemasaran dan produknya.

 “Disini akan dilihat bagaimana upaya mahasiswa menampilkan marketing dari produk yang ditawarkannya kepada masyarakat”.

Kegiatan berikutnya adalah Olimpiade Ekonomi yang diikuti sebanyak 36 sekolah SLTA  dengan  jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 1918 orang. Beberapa cabang olimpiade yang  diperlombakan yaitu ekonomi, matematika, akuntansi,  lomba karya tulis ilmiah dan business plan.

Darwis berpesan melalui kegiatan ini pada prinsipnya bertujuan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, bagi yang  juara jangan jumawa, yang belum juara jangan kecewa.

“Olimpiade dan Entrepreneurship ini diselenggarakan setiap tahun sebagai respons terhadap visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang bertujuan menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berbasis theoantropoekosentris (al ilahiyah-al insaniyah-al kauniyah) dan aktif berperan di tingkat internasional.”

“Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah, khususnya di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) dan Sumatera Utara (Sumut). Acara ini diselenggarakan secara nasional dengan peserta berasal dari dua provinsi, yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat, dan didukung oleh Bank Mitra Kampus UIN Syahada, yakni Bank Syariah Indonesia dan Bank Sumut Syariah sebagai sponsor. Kami mengucapkan terima kasih atas peran dan partisipasinya dalam mensukseskan acara ini.

“Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau menyatakan, ‘Saya sebagai Rektor sangat bangga bisa hadir mengikuti acara hari ini. Acara ini adalah manifestasi dari semangat kebersamaan dalam mengembangkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan, dan sikap di bidang ekonomi dan bisnis Islam, khususnya dalam lomba prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis Islam ini.”

“Lomba olimpiade ini, selain sebagai ajang persaingan yang sehat, kita berharap juga dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap dalam beberapa prinsip ekonomi dan bisnis Islam dalam dunia nyata. Selain itu, acara ini juga mencerminkan komitmen, terutama dalam menjadikan UIN Syahada sebagai pusat pendidikan keunggulan yang tidak hanya melahirkan lulusan yang cerdas, tapi juga memiliki integritas serta mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.”

“Rektor kemudian menyoroti keunggulan kuliah di kampus UIN Syahada dengan visi bangunannya yang sangat komprehensif dalam menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan pendidikan serta ilmu pengetahuan ke depan, yaitu Paradigma Teoantropoekosentris. Beliau menyatakan, ‘Kita bersumber dari ajaran Allah, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Manusia dilengkapi dengan akal pikiran, tetapi juga memiliki kekurangan. Oleh karena itu, manusia memiliki kelebihan dan sekaligus kekurangan. Akal yang terus dikembangkan tanpa bimbingan wahyu dapat menyebabkan kesesatan. Dengan adanya wahyu, akal menjadi terarah. Dengan akal yang dibimbing oleh wahyu, terciptalah thinking power yang pada akhirnya menjadi feeling power.”

“Kuliah di UIN Syahada punya kelebihan dalam pengeloaannya dengan kampus lainnya yaitu mahad jamiah yang diantara  kelebihannya adalah program bahasa arab dan inggris dan biaya yang relatif terjangkau”.

 “Selanjutnya melalui olimpiade ini tidak hanya menguji kemampuan peserta tapi juga menjadi pengalaman berharga dan pelajaran yang akan membantu dalam perjalanan mereka ke depan.”

“Semoga semangat sportivitas, kejujuran, semangat juang yang tinggi senantiasa menginspirasi kita semua  setiap saat. Terakhir mari kita jadikan acara ini sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan kolaborasi antar peserta yang datang dari berbagai daerah serta menjalin hubungan yang kuat antara UIN Syahada Padangsidimpuan dengan masyarakat, dunia usaha dan pemerintah, semoga acara ini sukses dan bermanfaat bagi klita semua.”papar Rektor

Setelah selesai prosesi pembukaan selanjutnya Rektor didampingi beberapa unsur pimpinan lainnya melakukan gunting pita tanda dimulainya secara resmi acara lomba entrepeneurship  tingkat mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Rektor dengan penuh semangat menyambangi satu per satu stan mahasiswa, menyapa mereka dengan kehangatan. Acara dipenuhi oleh mahasiswa dan ditambah lagi dengan kehadiran siswa-siswa yang ikut serta dalam olimpiade hari itu, membuat suasana semakin meriah.