Kategori
Artikel

Gangguan Layanan pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk

BAGAIMANA DENGAN KEPERCAYAAN NASABAH ?

Beberapa bulan yang lalu, terjadi gangguan atau masalah pada layanan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk di seluruh Indonesia. Diantaranya adalah gangguan pada layanan transaksi secara langsung dan gangguan pada layanan digital banking nya. Pada umumnya nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengeluhkan sejumlah layanan yang tidak dapat digunakan sejak hari Senin tanggal 8 bulan Mei tahun 2023. Nasabah tidak dapat melakukan transaksi dengan BSI Mobile, mesin ATM, dan teller di kantor cabang bank.

Pada hari itu juga dalam pernyataan di akun Instagram resminya, @banksyariahindonesiapihakmanajemen BSI menjelaskan, error terjadi karena BSI sedang melakukan perawatan sistem. BSI pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi karena nasabah tidak bisa melakukan transaksi keuangan seperti transfer, payment, tarik tunai dan lain sebagainya. Pernyataannya ditulis sebagai berikut :”Kami sampaikan saat ini BSI tengah melakukan maintenance sistem sehingga tidak dapat diakses sementara waktu dan akan kembali ke kondisi normal secepatnya.”

Pada tanggal 9 bulan Mei tahun 2023, pihak BSI yaitu : Bapak Gunawan Arief Hartoyo (Senior Vice President PT BSI, Tbk, Corporate Secretary & Communication Group) mengumumkan layanan perbankan BSI telah pulih secara bertahap dan nasabah dapat bertransaksi kembali di kantor cabang dan ATM.

Menurut Gunawan, BSI memastikan dana dan data nasabah tetap aman dan kembali mengimbau kepada seluruh nasabah untuk terus waspada dan berhati-hati atas segala bentuk modus penipuan maupun tindak kejahatan digital yang mengatasnamakan Bank Syariah Indonesia. Kami imbau kepada seluruh nasabah untuk senantiasa berhati-hati dan tidak memberikan PIN, OTP maupun password kepada siapapun termasuk pegawai BSI. Jaga selalu kerahasiaan data perbankan Anda,” ujarnya.

Apabila ada hal yang membutuhkan informasi yang lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi BSI Call 14040. “BSI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada nasabah, dan tentunya sangat berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan nasabah kepada Bank Syariah Indonesia,” tutupnya. (https://ir.bankbsi.co.id/newsroom /56c245dad6_9f6550a16b.pdf)

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyatakan seluruh layanan mulai dari kantor cabang, ATM, dan BSI Mobile sudah pulih. Nasabah sudah bisa bertransaksi dengan normal kembali, seperti sebelumnya.

Oleh Subroto Siregar

Analis Humas UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan