Kesimpulan
Guru sebagai figur sentral yang sangat mempengaruhi perkembangan karakter siswa, melalui interaksi dan pembelajaran. Pengaruh guru PAI dapat merubah dan mengembangkan karakter seorang siswa sesuai dengan yang diharapkan, tetapi harus menjadi guru yang profesional yaitu pendidik yang mampu melakukan semua komponen pendidikan oleh karena itu proses belajar mengajar berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan. Pengaruh guru PAI merupakan dampak yang ditimbulkan oleh peran, sikap, metode dan interaksi guru PAI terhadap karakter dan pemahaman keagamaan siswa. Konsep ini melibatkan guru PAI, sebagai pendidik dapat memengaruhi siswa dalam tiga aspek yaitu kognitif,afektif dan psikomotorik.
Strategi guru PAI dalam membentuk karakter siswa, dalam membentuk karakter siswa biasanya dimulai melalui pembiasaan, kemudian guru PAI dapat mengintegrasikan nilai karater dalam materi pembelajaran, seperti kejujuran, toleransi, tanggung jawab dan sebagainya, agar siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang baik didalam kehidupan sehari-hari. Guru juga harus menjadi contoh nyata dari karakter yang ingin diajarkan. Selain itu, kerjasama anatara guru PAI dan orang tua sangat membantu dalam membentuk karakter siswa dan memastikan pembentukkan karakter dilakukan bukan hanya di sekolah saja tetapi diterapkan juga dirumah.
Referensi
[1] Nani Selvia, “Pengaruh Keteladanan Guru Pai Terhadap Karakter Siswa Di Smkn 1 Rao Selatan,” KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 3 (2022): 2828–6863.
[2] Elgy Sundari, “Cendikia Pendidikan,” Cendekia Pendidikan 4, no. 4 (2024): 50–54.
[3] Nur Halim, Devy Habibi Muhammad, and Mohammad Arifin, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Terhadap Perkembangan Teknologi Di SDN Sumberkare II Kabupaten Probolinggo,” LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies 2, no. 1 (2023): 44–54, https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.22.
[4] M Judrah et al., “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik,” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 1 (2024): 25–37, homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR.
[5] Asep Kusno Suseno, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Mulia Siswa SMAN 1 Bandung,” Jurnal Sosial Sains 1, no. 7 (2021): 705–14, https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.157.
[6] Bambang Wahyu Susanto et al., “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik,” Jurnal Hikmah 12, no. 2 (2023): 327–37, http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.567.
[7] Salamah Salamah, “Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0,” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 2, no. 1 (2020): 26–36, https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i1.281.
[8] Tiara Ayu Astriana, Ikhwan Aziz Q, and Rina Mida Hayati, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Sekolah Dasar,” Bustanul Ulum Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2023): 1–15, https://doi.org/10.62448/bujie.v1i1.3.