Menag Resmi Launching SPAN-UM PTKIN, UIN Syahada Siap Terima Mahasiswa Baru 1965 orang

Jumat, 20/01/2023 – Surabaya – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023 yang secara resmi diluncurkan oleh Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (20/1).

Ketua Panitia Nasional penerimaan mahasiswa baru, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag menyampaikan bahwa pada tahun 2023 ini terdapat 59 PTKIN yang terdiri dari 30 Universitas, 24 IAIN, dan 5 STAIN. Dan berbeda dengan tahun 2022 dimana UMPTKIN dilaksanakan secara online, pada tahun 2023 tes UMPTKIN akan dilaksanakan di PTKIN yang dipilih oleh peserta.

Saat ini proses seleksi akan berlangsung pada dua jenis seleksi yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN). SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pontren yang akan lulus pada tahun 2023.

Tahapan jalur pendaftaran SPAN PTKIN diawali dengan pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren pada tanggal 20 Januari – 13 Februari 2023, dan dilanjutkan dengan pendaftaran siswa pada tanggal 16 Februari – 4 Maret 2023. Adapun hasil seleksi akan diumumkan pada 3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id dan tidak dikenakan biaya.

Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UM PTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UM PTKIN dikenakan biaya pendaftaran.

Secara terpisah, Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag juga menyampaikan bahwa, untuk kampus UIN Syahada Padangsidimpuan jumlah kuota mahasiswa baru untuk tahun ini akan menerima 1965 mahasiswa. Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan mengajak agar seluruh calon mahasiswa lulusan dari sekolah/madrasah/pondok pesantren di penjuru nusantara agar memilih untuk kuliah di UIN Syahada Padangsidimpuan.

“Kepada seluruh putra-putri terbaik bangsa, kami tunggu kehadirannya di kampus UIN Syahada kampus kebanggaan kita bersama. Bagi putra-putri terbaik, ekonomi tidak menjadi penghalang untuk meraih cita-citanya karena kampus kita banyak tersedia beasiswa untuk membantu anda.” Terang Rektor secara terpisah.

Adapun peluncuran seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTKIN disiarkan secara langsung melalui akun resmi Youtube PMB SPAN UM PTKIN mulai pukul 16.00 WIB. Bagi Sekolah dan Siswa yang ingin melihat ketentuan teknis pendaftaran dapat mengunjungi laman resmi panitia pada website https://ptkin.ac.id/ atau menghubungi helpdesk di nomor 081578901020 (WA chat).


Pokja Humas & Publikasi SPAN-UM PTKIN  Tahun 2023 dan Humas UIN Syahada Padangsidimpuan

About the author

Pengelola di Sub Bagian Humas dan Infomasi di IAIN Padangsidimpuan

Related Posts

4 Responses
  1. Eka Sustri Harida

    Let’s come to UIN Syahada Padangsidimpuan. Don’t worry, we do not give a promise only, but we give proof.

    Sukses selalu UIN Syahada semoga bisa memenuhi the target of new students, 1965 students.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.