Budaya Mutu dalam Mencapai Unggul
Status unggul, sudah menjadi impian semua pengelola perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Predikat unggul sering diidentikkan dengan pencapaian nilai akreditasi paling tinggi. Secara kuantitatif. Predikat unggul sangat bergengsi, namun akan menjadi lebih bermakna jika keunggulan tersebut dapat diimplementasikan dalam budaya mutu yang dapat dijadikan sebagai keunggulan kompetitif perguruan tinggi. Membangun budaya mutu artinya menerapkan standar mutu yang digariskan secara konsisten, sebagaimana dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang SN-DIKTI dan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.
Membudayakan mutu di lingkungan perguruan tinggi sangat penting guna meningkatkan kualitas Pendidikan dan daya saing lulusan (output). Budaya mutu menciptakan iklim akademik yang kondusif dengan menanamkan nilai-nilai integritas, disiplin, kerja keras, akuntabilitas, inovatif, etika Islami dalam seluruh aktivitas operasional perguruan tinggi. Dengan adanya budaya mutu, seluruh civitas akademika akan termotivasi untuk memberikan pelayanan dan kinerja terbaik. Tenaga pendidik akan menjalankan tugas mengajar, meneliti dengan dedikasi yang tinggi sehingga akan menghasilkan lulusan dan artikel yang unggul serta memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Sedangkan mahasiswa senantiasa di motivasi dan didorong untuk belajar dengan sungguh-sungguh serta menjunjung tinggi etika dalam mencapai prestasi akademiknya.
Budaya mutu akan berdampak positif dalam peningkatan produktivitas perguruan tinggi yang ditandai dengan salah satunya meningkatnya jumlah publikasi ilmiah yang bertaraf nasional dan internasional. Lulusan yang dihasilkan juga semakin berkualitas, siap bersaing di dunia kerja dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Untuk itu, semua sumber daya manusia dalam perguruan tinggi tersebut harus mempunyai komitmen yang kuat dalam menerapkan budaya mutu. Budaya mutu harus diimplementasikan dalam semua proses baik akademik maupun non akademik sehingga akan berfungsi sebagai perekat bagi seluruh elemen perguruan tinggi.
Daftar Pustaka
- Ebrahimi, Mehran, and Mehran Sadeghi. “Quality Management and Performance: An Annotated Review.” International Journal of Production Research 51, no. 18 (2013): 5625–43.
- Flynn, Barbara B, Roger G Schroeder, and Sadao Sakakibara. “A Framework for Quality Management Research and an Associated Measurement Instrument.” Journal of Operations Management 11, no. 4 (1994): 339–66.
- Pandit, I, Ni Luh Made Mahendrawati, I Nengah Suaria, I Putra, Putu Gede Suranata, Nyoman Sujaya, Ni Made Suwendri, et al. “Pengembangan Budaya Mutu Di Perguruan Tinggi.” Penerbit KBM Indonesia, 2022.
- Sinambela, Ida. “Pengelolaan Mutu Terpadu,” n.d.