Menurut Jamal (2014) siswa dengan kemampuan literasi matematis yang baik pasti bisa memperkirakan, menginterpretasikan data yang ada, memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, mampu mengemukakan alasan yang bersifat numerik, grafis dan situasi geometris serta berkomunikasi menggunakan bahasa matematika.Lebih sederhana, (Ojose, B,2011) berpendapat bahwa literasi matematika merupakan pengetahuan untuk mengetahui dan mengunakan dasar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengertian ini, seseorang yang memiliki kemampuan literasi matematika yang baik memiliki kepekaan konsep-konsep matematika mana yang relevan dengan fenomena atau masalah yang sedang dihadapinya. Dari kepekaan ini kemudian dilanjutkan dengan pemecahan masalah dengan mengunakan konsep matematika.
Sejalan dengan pendapat tersebut, (Stecey & Tuner, 2015) mengartikan literasi dalam konteks matematika adalah untuk memiliki kekuatan untuk mengunakan pemikiran matematika dalam pemecahan masalah sehari-hari agar lebih siap menghadapi tantangan kehidupan. Pemikiran matematika yang dimaksudkan meliputi pola pikir pemecahan masalah, menalar secara logis, mengkomunikasikan dan menjelaskan. Pola pikir ini dikembangkan berdasarkan konsep, prosedur, serta fakta matematika yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Adapun literasi matematis sesuai tujuan pembelajaran matematika yang dinyatakan oleh NCTM (1991) yaitu meliputi pengembangan kemampuan: (1) Komunikasi matematis, (2) Penalaran matematis, (3) Pemecahan masalah matematis, (4) Koneksi matematis, dan (5) Representasi matematis.
Menurut (Utami & Effendi, 2020) Terdapat lima kemampuan yang dikemukakan NCTM harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika yaitu (1) kemampuan pemecahan masalah, (2) kemampuan representasi, (3) kemampuan komunikasi, (4) kemampuan penalaran, dan (5) kemampuan koneksi matematis. Salah satu dari kemampuan dasar matematika yang perlu dicapai adalah kemampuan koneksi matematis. Tujuan pembelajaran matematika dalam standar isi dan standar pembelajaran matematika dari NCTM adalah untuk menguasai dan mengembangkan salah satu kemampuan matematis yaitu kemampuan koneksi matematis.Berdasarkan uraian di atas maka literasi matematika menurut NCTM sebagai berikut: